Belajar, bersyukur, dan berbagi.

Sunday, May 2, 2010

Tips Ringan Merawat PC

Komputer sering hang? Cepet panas? Suara kasar? Haahhh... sering kita mengalami hal-hal ini, namun sebenarnya kemungkinan terbesar hal ini desebabkan banyaknya debu atau kotoran dalam casing cpu. Mungkin kita emang terlalu sibuk kali ye... sampe kita ga punya waktu buat membersihkannya ( gaya Mbah! Sok sibuk deh... Haduh....) Atau mungkin emang males sih....
Ini ada sedikit tips untuk merawat komputer, diantaranya:
a) Letakkan komputer di tempat yang bersih... (udah pazti dunk!)
b) Usahakan terdapat ruang bebas agar Fan mendapat sirkulasi yang cukup. Kalau bisa ga’ usah nempel tembok.
c) Untuk menurangi debu yang masuk, rubah posisi beberapa fan pada casing menghadap keluar.
d) Untuk posisi dalam casing, kabel-kabel power usahakan serapi mungkin. Hal ini dapat membantu sirkulasi udara di dalam casing.
e) Kalau bisa usahakan secara rutin membuka casing dan membersihkan debu yang ada.
f) Agar power supply tidak bekerja terlalu berat, gunakan stavolt. Ga perlu beli yang mahal-mahal, yang penting sesuaikan kempampuannya dengan komputer kita.
g) Gunakan fan pada casing seperlunya, ga usah terlalu banyak. Emang sih.. tambah ademz, tapi debu banyak yang masuk. Tak hanya itu, tanpa kita sadari fan itu juga nyedot daya power supply.
h) Heat sink prosessor juga perlu dibersihkan dari debu-debu yang menempel. Gunakan vacum, bila tidak ada cukup dengan sebuah kuas kecil yang penting bisa bersih deh..
i) Pin-pin pada Ram merupakan barang yang mudah kotor atau korosi. Simple saja untuk membersihkan pin-ping itu. Cukup dengan menggosok dengan karet penghapus.

Mungkin hal-hal yang saya tulis tadi terlalu sepele. Tapi saya yakin bila kita dapat melakukannya, itu akan membantu. Udah dulu deh. Maaf bila banyak kesalahan. Semoga bermanfaat.

0 komentar:

Post a Comment

Total Pageviews

Recent Posts

Melihatmu tersenyum, sudahlah cukup bagiku. Selamat berjuang, semoga engkau dapat meraih cita-cita.I love U...............Cinta tak butuhkan harta, Cinta juga tak butuh kata-kata, yang cinta butuhkan hanyalah solder dan timah...Salam solder..................................................................................."meeting you was fate, becoming your friend was a choice, but falling in love with you was beyond my control" ........................................Bicara teknik itu lebih mudah daripada bicara perasaan.....

Followers