Belajar, bersyukur, dan berbagi.

Wednesday, May 5, 2010

Mengembalikan Partisi Yang Hilang

Pengalaman ini saya dapat berkat kecerobohan bermain Windows & Linux Mint. Hheew... Waktu itu cuma coba live cd-nya, blum sampe nginstall Linux..., tapi kecelakaan terjadi ketika saya coba buka program untuk menginstal permanen di harddisk, tiba-tiba partisi di hardisk saya hilang!! Setelah reboot, komputer tidak menemukan operating system.
Mungkin memang saya terlalu ceroboh. Semaleman saya ga bisa tidur. Kalau masalah lagu, pilm, gambar ga masalah. Tapi data buat sekolah, data organisasi? Haduh.... 


Kalau ini terjadi pada anda, jangan panik. Apabila partisi anda hilang, dan didalamnya berisi data-data penting, jangan terburu-buru melakukan format! Hal ini mungkin akan membuat anda kehilangan data secara permanen.

Sebelum melakukan Format ulang, sebaiknya anda mencoba melakukan recovery partisi atau recovery data.

Banyak software-software recovery yang dapat digunakan. Salah satunya Test Disk dari http://www.cgsecurity.org , sederhana tapi memiliki manfaat yang besar. Test disk tidak memerlukan instalasi. Dalam tulisan ini tidak saya sertakan gambar karena anda pasti dapat dengan mudah menggunakan program ini.


Cara menggunakan Test Disk:

Ø Download softwarenya di situs http://www.cgsecurity.org, ya iya laah...

Ø Pasang harddisk anda pada komputer lain dan jalankan Test disk. Jika tidak ada, manfaatkan cd bootable yang ada dos-nya. Simpan program Test Disk dalam flash, kemudian jalankan Test Disk under dos.

Ø Tampilan dari test disk adalah berbasis teks, jangan harap kita akan dapat menggunakan mouse!!!!

Ø Kemudian tekan saja enter untuk membuat log file

Ø Pilih device yang akan anda recover. Pilih [Proceed] , tekan enter

Ø Pada pilihan default, tekan enter lagi

Ø Pilih dan tekan enter pada [Analyse]

Ø Selanjutnya pilih menu [Search], lalu enter

Ø Secara otomatis program akan mencari partisi yang hilang

Ø Taraaa...... partisi yang hilang pasti akan muncul kembali

Ø Tekan enter untuk continue

Ø Selanjutnya pilih opsi [Write] , tekan enter

Ø Akan muncul konfirmasi [Y/N] kemudian ketik [Y]

Ø Quit, keluar dari program. Sambil berdoa, restart komputer dan tunggu hasilnya.

Wiiiiiiii...... data 74 Gb saya kembali. Alhamdulillah...... Selamat mencoba, semoga berhasil!!!!!

0 komentar:

Post a Comment

Total Pageviews

Recent Posts

Melihatmu tersenyum, sudahlah cukup bagiku. Selamat berjuang, semoga engkau dapat meraih cita-cita.I love U...............Cinta tak butuhkan harta, Cinta juga tak butuh kata-kata, yang cinta butuhkan hanyalah solder dan timah...Salam solder..................................................................................."meeting you was fate, becoming your friend was a choice, but falling in love with you was beyond my control" ........................................Bicara teknik itu lebih mudah daripada bicara perasaan.....

Followers